ZONA-DAMAI.COM – Pada dua pekan lalu terdapat tiga provinsi yang mulai menjalankan PPKM mikro di antaranya Sumatera Utara (Sumut), Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Kalimantan Timur (Kaltim).

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, jika dilihat dari indikator penambahan kasus positif, sembuh dan meninggal mingguan, perkembangan di tiga provinsi itu menunjukkan perkembangan yang baik.

“Ketiga provinsi ini menunjukkan perkembangan yang baik pada ketiga indikator tersebut. Kasus positif dan kematian baru mengalami penurunan selama dua minggu terakhir. Pun dengan kesembuhan baru mengalami kenaikan selama dua minggu pelaksanaan PPKM. Hal ini menunjukkan bahwa pada ketiga daerah ini hanya butuh dua minggu pelaksanaan PPKM untuk dapat terlihat dampaknya pada perkembangan kasus Covid-19. Khususnya ketiga indikator ini,” katanya dalam konferensi persnya, Kamis (25/3/2021).

Menurutnya, keberhasilan ini dapat dicapai karena pelaksanaan PPKM mikro dilaksanakan dengan baik dan serius. Sehingga berdampak secara menyeluruh pada tiga indikator sekaligus.

Namun begitu, ia menilai bahwa dampak dari penerapan kebijakan PPKM memang bervariasi pada setiap wilayah.

“Tergantung jumlah kasus Covid-19 di wilayah tersebut, jumlah penduduk, karakteristik wilayah dan pendekatan yang diterapkan di wilayahnya masing-masing. Pada prinsipnya, prinsip dan nilai-nilai PPKM mikro adalah pelibatan seluruh unsur masyarakat pada tingkat terkecil yang tentunya diiringi dengan kolaborasi dan koordinasi yang baik,” paparnya.

Wiku berharap, provinsi yang penanganan pandemi virus coronanya belum membaik dapat belajar dari ketiga provinsi ini. Dia menilai, PPKM mikro bisa mencegah yang belum parah untuk menjadi parah.

“Melindungi masyarakat ternyata bisa dilakukan salah satunya dengan menerapkan kebijakan ini karena terbukti efektif. Tentunya seluruh provinsi di Indonesia harus saling mendukung dalam meningkatkan kualitas penanganan Covid-19. Sehingga dapat mencapai perbaikan secara kolektif hingga mampu meningkatkan peningkatan penanganan Covid-19 secara signifikan di tingkat nasional,” pungkasnya.