ZONA-DAMAI.COM – Program Pembatasan Kegiatan Masyarakat Mikro dinilai Walikota Blitar, Drs.Santoso M.Pd sangat berhasil menekan laju penyebaran Covid 19, hal ini ditandai dengan rendahnya masyarakat terkonfirmasi secara drastis,tingkat angka kesembuhan tinggi,serta menurunnya angka kematian dan jumlah masyarakat yang masuk rumah isolasi juga menurun.

Demikian disampaikan Walikota saat meninjau Posko PPKM berbasis mikro RT 03 RW 06 Lingkungan Ngrebo Kelurahan Gedog pada Rabu (24/03/21).

Hari ini kita melakukan evaluasi Kegiatan PPKM, seperti laporan Ketua RW 06 bahwa di wilayah ini ada 18 orang terkonfirmasi dan sekarang sudah sembuh, dengan model gotong royong selama dalam masa karantina warga memberi bantuan kepada warga terpapar positif Covid.19,”jelas Santoso.

Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kota Blitar saat penerapan PPKM mikro sudah menunjukan sinergitas yang bagus,kekompakan bergotong royong dan penyiapan lumbung pangan tetap terjaga, secara tehnis semua sudah tahu tugasnya masing masing OPD lintas sektor.

“Ketika ada kegotong royongan membantu yang sakit dengan iuran warga dan bantuan dari Pemkot akan sangat membantu,karena warga terkonfirmasi secara ekonomi maupun psikologis sangat terganggu, dengan bantuan ini akan mempercepat kesembuhan,” tambahnya.

Camat Sananwetan Heru Eko Pramono menjelaskan, dengan model PPKM tahap pertama dilanjutkan tahap 2 dan tahap 3 sangat membantu,pihaknya juga berharap kepada masyarakat tetap waspada meskipun sudah mendekati zona hijau.

Camat Sananwetan berharap program ini bisa menjadi model yang bagus untuk menekan penyebaran Covid-19, Ia juga berharap program dengan model PPKM mikro ini kami harapkan benar-benar efektif dan dampak penurunannya sangat signifikan,” ujar Heru Camat Sananwetan.