Pemerintah Pusat sudah meninjau lokasi calon ibu kota negara baru di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kaltim, beberapa waktu lalu. Groundbreaking proyek ibu kota negara (IKN) baru direncanakan akan dilaksanakan tahun ini. Jika tidak ada halang merintang, upacara kemerdekaan tanggal 17 Agustus 2024 akan dilaksanakan di ibu kota baru tersebut. di Kalimantan Timur (Kaltim). Hal ini dikatakan Fadjroel Rachman, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (22/4/2021).

“Insyaallah, mudah-mudahan bisa 17 Agustus 2024 ada upacara kemerdekaan di Penajam Paser Utara,” kata Jubir Presiden Jokowi” ujar Fadjoel.

Fadjroel menjelaskan, bahwa proyek ibu kota baru akan menyerap nyaris 100 ribu tenaga kerja usai groundbreaking. Hingga tahun 2045, diproyeksikan hampir 5 juta tenaga kerja diberdayakan dalam proyek.

“Diharapkan, ketika groundbreaking, pembangunan tahun pertama itu akan bisa menyerap hampir 100 ribu tenaga kerja. Sampai tahun 2045, menurut masterplan Bappenas, menyerap hampir 5 juta tenaga kerja,” ucap Fadjroel.

Sementara itu, Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi, menilai rencana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur tetap relevan. Selain itu, menurutnya realisasi rencana yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada 2019 silam itu tidak harus menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Pemindahan ibu kota tidak harus melalui APBN,” ujar Achmad Baidowi